November 08, 2007

Akhirnya HUB pertama di dunia Flinstone!

Pebbles menjelaskan dia bisa menaruh 2 buah kartu beserta kabelnya di tiap komputer untuk terhubung satu sama lain. " lalu apa yang terjadi jika kamu menghubungkan 100 komputer kedalam jaringan pada tiap tiap gedung? Hmmm…. Pebbles lalu menyadari ada sedikit pekerjaan yang harus dia lakukan. dia membutuhkan sebuah skema yang bisa membuat jaringannya bisa mengakses lebih dari dua komputer. Bam Bam lalu memberi usul, “kita mengalirkan aliran listrik dari satu colokan di setiap ruangnya, kita hanya tinggal mengalirkan aliran listrik ke tiap tiap meja, mungkin jika kamu melakukan hal yang serupa, kamu akan menemukan satu cara untuk membuatnya bekerja." dengan sedikit masukan itu, Pebbles sudah menemukan cukup inspirasi. dengan fakta dia telah menemukan kartu notwork pc pertama di dunia, dia memutukan untuk menciptakan alat yang serupa dengan prinsip listrik bam bam.




Pebbles mengikuti saran Bam Bam tentang kabel. bagaimanapun, dia membutuhkan alat yang dapat dicolok dan bekerja seperti pc, memantulkan atau mengulang, bit yang terkirim tadi ke semua perangkat yang terhubung dengan kabel. karena kartu network mengirim bit mengunakan kawat 1 Pebbles membuat alat baru ini jadi ketika alat ini menerima bit masuk pada kawat 1, ia akan mengulang bit yang sama - akan tetapi di pantulkan pada semua kawat 2 sehingga semua komputer menerima bit itu. dan karena dia membuat alat ini pertama kali di dunia maka dia harus memberikan nama : dia memberikan nama Hub pada alat itu.

sebelum mengembangkan hub pertama dan menghubungkannya dengan beberapa kabel, Pebbles melakukan beberapa hal: dia mengetesnya di dalam Laboratorium dengan 3 komputer yang terhubung dengan hub pertama di dunia. dia memulai FTP di komputer 1, kemudian mentranfer file yang bernama recipe.doc, dan muncul window pop up yang mengatakan file telah diterima, seperti biasanya. sampai dia menyadari bahwa di komputer 3 juga keluar pop up yang sama. Pebbles telah mengirimkan file ke 2 komputer. tentu saja jika hub mengulang segalanya pada tiap kabel yang terhubung maka semua orang akan mendapatkannya. pebbles membutuhkan ide supaya FTP mengirimkan file hanya ke komputer yang dituju. untuk saat ini pebbles mendapatkan beberapa pilihan, yang pertama dia akan memberikan nama pada tiap komputer kemudian dia akan mencantumkan nama tersebut pada tiap kartu yang dipasang yang nantinya akan dipasang dalam perintah FTP sebelum nama file. dengan kata lain, untuk mengirim dokumen resep kepada ibunya, dia akan mengunakan perintah Wilma recipe.doc. jadi tiap komputer akan menerima bit karena hub mengulang pada semua yang terhubung, akan tetapi hanya komputer yang namanya disebut yang akan menerimanya. kemudian ayahnya masuk : kenalkan barney kepala keamanan dia sangat membutuhkan koneksi jaringan yang segera akan kau betul tidak

karena menggunakan nama depan untuk komputer : sekarang ada dua nama barney di Fred Company. lalu Pebbles menggunakan pendekatan lain, dan memutuskan menaruh alamat unik pada tiap kartu jaringan 4 digit angka decima. karena Pebbles yang membuat kartunya maka dia meyakinkan bahwa tiap angka di kartunya unik. dia punya 10000 (10 pangkat 4) kombinasi unik untuk perusahaan dengan 200 orang pegawai.

bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar