Januari 27, 2008

perbedaan Script doctor dan Bedah naskah

aneh aneh aja, gw nyari artikel tentang perbedaan antara script doctor and bedah naskah pake paman google wal hasil yang keluar ya yang ada keyword doctor, naskah, bedah :)

akhirnya buat dapetin yang sesuai ama mau gw, terpaksa gw harus cari artian satu persatu and setelah gw telusri di google :D gw dapet beberapa definisi yang gw tafsir ulang, kalo ada yang lebih kompeten and ternyata gw salah hehehe benerin ya kasih tau gw and ini hasil penelusuran gw :

[...]A script doctor is a skilled screenwriter called in to assist a film project by rewriting parts of the screenplay to improve dialogue, pacing and other elements. Script doctors are usually uncredited, so it is usually difficult to tell who has been involved.[...]

script doctor (dokter script) adalah penulis script yang dilibatkan untuk membantu dalam sebuah proyek film dengan menulis ulang bagian dari script untuk mengembangkan dialog, langkah atau tahapan cerita dan element lainnya. Script doctor (dokter script) biasanya tidak disebutkan namanya, sehingga sulit untuk mengetahui siapa saja yang terlibat.

wacana tentang dokter script sendiri muncul pada penghargaan akademi (academy awards) di tahun 1973 ketika Ford Coppola berterima kasih kepada Robert Towne atas hasil kerjanya di film Godfather. Sejak saat itu penggunaan script doctor mulai ditekan untuk menghindari rancunya hasil kerja penulis pertama dalam bangunan cerita. didalam sistem credit Writers Guild of America yang digunakan oleh WGAw dan WGAe. Penulis yang berhak namanya masuk ke dalam credit adalah penulis yang terlibat 50 % dari cerita atau karakterisasi. dan hal ini merupakan syarat untuk masuk dalam nominasi scriptwriter terbaik.

Script doctors biasanya dilakukan setelah script telah fix sehingga hanya membutuhkan sedikit perubahan.

saya lebih sering mendengar istilah bedah naskah. entah itu di dalam Rancangan UU maupun dalam sebuah kelompok Teater. ketika menelusuri kata bedah naskah sepertinya tidak ada sumber valid tentang bedah naskah oleh karena itu kita coba daur ulang. Bedah Naskah terdiri atas dua kosa kata yaitu bedah dan naskah. istilah ini banyak di pakai dalam banyak bidang seperti politik, hukum, pendidikan, dll. karena bedah naskah yang ingin kita cari berhubungan dengan penulisan maka kita artikan satu persatu bedah Bahasa Inggris: surgery, Bahasa Yunani: cheirourgia yang berarti pekerjaan tangan adalah kata kerja yang digunakan dalam istilah kedokteran untuk membuka dan meneliti untuk kemudian melakukan perbaikan atau pengembangan. sedangkan naskah adalah Suatu naskah manuskrip (bahasa Latin manuscript: manu scriptus ditulis tangan), secara khusus, adalah semua dokumen tertulis yang ditulis tangan, dibedakan dari dokumen cetakan atau perbanyakannya dengan cara lain. Kata 'naskah' diambil dari bahasa Arab nuskhatum yang berarti sebuah potongan kertas. nah... sekarang bisa diartikan bahwa bedah naskah itu dalam dunia penulisan adalah coba untuk membuka struktur penulisan, unsur (intrinsik maupun ekstrinsik) dalam naskah, latar belakang dan kehidupan penulis. untuk mencari tau bangunan naskah dan kemudian menggubah, menambah, mengurangi, atau memperbaiki.

lalu dimanakah perbedaan keduanya?

sebagaimana anda baca ada titik tekan yang berbeda. pada setiap script, naskah, atau paper yang selalu ada penelitian tentang karakter tokoh, latar, seting, budaya, akan tetapi sesuai dengan kaitan bangunan naskah yang dibangun, dalam dunia teater naskah dibagi ke dalam dua garis besar Realis dan Surealis, dan tiap garis selalu punya cara tersendiri, tapi bangunan bangunan ini selalu berhubungan satu sama lain. seperti halnya skema ponzi. only this schema not that evil. :D kalo scripwriter gimana yaa. masih belajar juga nih ama temen. :)

2 komentar:

  1. xixixi.. pertamax nih.. :D

    klo menurut gue sih, antara bedah naskah sama script doctor itu hampir sama.. cuma masalah istilah aja.. script doctor ketika di istilahkan menjadi bahasa indonesia mungkin akhirnya jadi bedah naskah.. huahahaha...

    cuma masalah istilah aja, kayaknya.. tapi intinya sih di situ kita men-share naskah/script kita untuk sama2 dibahas dan di kasih masukan, tentang elemen di script/naskah itu.

    cuma, nantinya semua tetap dikembalikan kepada penulis.. dia mau menerima semua masukan yang di kasih gak.. itu semua kembali ke si penulis.. >:)

    BalasHapus
  2. hehehe wah skilled scriptwriternya langsung kasih koment... makasih yaa :)

    BalasHapus