Februari 07, 2008

Basic Story VS Cerpen

kemarin gw menang ikutan kontes Basic Story (BS) di Serunya Scriptwriting Playgroup (SSP). Pemenang kontes BS biasanya berhak nentuin tiga keyword buat kontes BS selanjutnya ya gw pilih aja blog, printer sama kuda belang :D eh kata panitianya kuda belang nggak boleh :( diganti ama kata zebra, padahal gw lebih suka kuda belang soalnya kedengerannya lebih lucu :P .

nah ternyata yang gue sebut BS bukan BS tetapi lebih mendekati cerpen. akhirnya di posting ini gw bakalan nyoba ngulik apa itu BS dan bakalan dihadapkan sama cerpen sebagai bahan perbandingan. oh iya buat pengetahuan aja kunjungin juga ya pandi dot com nya and posting yang terkait ama ini adalah perbedaan script doctor dan bedah naskah and so kita liat apa kata google tentang cerpen dan basic story :

Cerita pendek atau biasa disebut cerpen biasanya terdiri dari 1500 kata. Cerpen juga biasanya selalu dikaitkan dengan unsur bangun internal (instrinsik) dan unsur bangun eksternal (ekstrinsik)" Struktur eksternal (ekstrinsik) adalah segala macam unsur yang berada di luar suatu karya sastra yang ikut mempengaruhi kehadiran sastra tersebut, misalnya faktor sosial ekonomi, faktor kebudayaan, faktor sosiol politik, keagamaan, dan tata nilai yang dianut
masyarakat. Struktur dalam (intrinsik) adalah unsur-unsur yang membentuk karya sastra tersebut seperti: penokohan atau perwatakan, tema, alur (plot), pusat pengesahan, latar dan gaya bahasa.

sedangkan Basic Story lebih padat dan biasanya tidak lebih dari satu halaman, to the point dan dimaksudkan untuk media lain. ketika menelusuri kata basic story lewat google ada beberapa hal yang merujuk pada titik yang sama yaitu plot dalam basic story, sepertinya basic story hanya mementingkan plot. kebanyakan mengatakan ada tujuh plot di dalam basic story, hal ini merujuk pada Internet Public Diary dan ketujuh plot itu antara lain ;

# [wo]man vs. nature
# [wo]man vs. man
# [wo]man vs. the environment
# [wo]man vs. machines/technology
# [wo]man vs. the supernatural
# [wo]man vs. self
# [wo]man vs. god/religion

namun dalam teenscreen plot ini dibagi lagi menjadi 20 macam diantaranya :

# Plot perjalanan - plot ini melibatkan tokoh utama (protagonis) dalam pencariannya pada seseorang, tempat atau benda.
# Plot petualangan - plot ini melibatkan tokoh utama (protagonis) dalam pencarian keberuntungan mereka, sejak keberuntungan tidak ditemukan lagi di rumah, tokoh utama pergi mencarinya di suatu tempat di bawah pelangi.
# Plot pengejaran - plot ini secara tulisan seperti permainan petak umpet, seseorang mengejar yang lain.
# Plot Penyelamatan - plot ini melibatkan tokoh utama (protagonis) mencari seseorang atau sesuatu. plot ini biasanya terdiri dari tiga karakter inti - Tokoh utama (protagonis), Korban (victim) dan tokoh lawan (antagonis)
# Plot pelarian - plot ini melibatkan tokoh utama yang berkeinginan untuk melarikan diri (tidak termasuk seseorang yang mencoba melarikan diri dari kejahatan diri).
# Plot balas dendam - aksi yang dilakukan oleh tokoh utama (protagonis) atau tokoh lawan (antagonis) kepada tokoh lain untuk suatu hal atau luka yang terus terbayang.
# Plot teka teki - plot yang melibatkan tokoh utama (protagonis) dalam pencarian petunjuk untuk menemukan arti tersembunyi dalam sebuah pertanyaan yang sangat gamang atau ambigu.
# Plot persaingan - plot yang melibatkan tokoh utama (protagonis) berkompetisi untuk tujuan atau objek yang sama seperti orang lain (lawan mereka).
# Plot ketertindasan - plot yang melibatkan tokoh utama (protagonis) untuk bersaing untuk suatu benda atau tujuan dan terlibat banyak ketidakberuntungan serta dihadapkan dengan banyak keganjilan.
# Plot cobaan - plot yang melibatkan tokoh utama (protagonis) dengan satu alasan atau lebih berada dalam keadaan yang kurang bijak, salah atau tidak bermoral.
# Plot Metamorfosa - plot yang melibatkan karakteristik physic dari tokoh utama (protagonis) dari karakter aktual ke dalam bentuk lain (mencerminkan identitas inner kejiwaan)
# Plot Transformasi - plot yang melibatkan proses perubahan pada tokoh utama (protagonis) sebagaimana mereka berjalan melewati tahapan kehidupan mereka dari keadaan satu karakter ke bentuk lain.
# Plot Dewasa - plot yang melibatkan tokoh utama (protagonis) dalam menghadapi suatu permasalahan yang merupakan bagian dari bentuk kedewasaan, dan menuju dewasa. yang membawa pada keadaan mature (dari ketidak tahuan menjadi berpengalaman).
# Plot cinta - plot yang melibatkan tokoh utama (protagonis) untuk melihat dari kacamata cinta yang membuat mereka bertahan dan mewujudkan cinta sejati.
# Plot cinta terlarang - plot yang melibatkan tokoh utama (protagonis) menghadapi tantangan dari norma sosial dan larangan-larangan yang menghalangi hubungan mereka (dan kadang memiliki nilai tawar tinggi untuk menghadapinya).
# Plot pengorbanan - plot yang melibatkan tokoh utama (protagonis) beraksi yang dimotivasi sebuah tujuan tinggi seperti cinta, kehormatan, keikhlasan atau untuk sebuah arti kemanusiaan.
# Plot penemuan - plot yang paling memusatkan karakteristik, melibatkan tokoh utama (protagonis) mengejar sesuatu dalam hidup, untuk menemukan sesuatu yang penting (dan terkubur) untuk memahami kehidupan. (tujuan hidup, penghargaan akan hidup)
#Plot sial tanpa batas - plot yang melibatkan tokoh utama (protagonis), baik terpilih maupun karena kecelakaan, menekan batas dan tingkah laku yang bisa diterima ke tingkah laku ekstreem dan memaksa untuk berhadapan dengan konsekuensi yang ada. (secara umum berhubungan dengan garis psikologi dari karakter)
#Plot menanjak - plot yang berhubungan dengan kesuksesan dari tokoh utama (protagonis) yang berhubungan dengan karakter dominan yang dimilikinya dan menolongnya menjadi sukses.
#Plot keputusan - plot yang berberhubungan dengan keputusan dari tokoh utama (protagonis) sebagai karakter dominan terhadap ancaman yang akan menghancurkan kesuksesannya.

karena kita masih belajar and sama sama belajar minta masukannya ya kalo ada salah kata di post.

4 komentar:

  1. hihihi.. ada yang curhat nih..
    ya iya lah, pan.. di suruh ngasih 3 kata kunci, elo ngasihnya blog, printer sama kuda belang. matematika lo gimana sih?? itu kan 4 kata. :P

    ok lah kuda belang emang lucu.. tapi kan gak sesuai.. :P

    gue sih mungkin belum tau banyak soal skenario (ceritanya merendah gitu..:P) tapi sedikit banyak sih, yang gue tau klo Basic story gak gitu juga sih pembangiannya, pan.. gak di bagi ke dalam 20 macam plot yang elo bilang itu. ada sedikit penjelasanya di blog gue.. liat deh.. postingan gue yang terakhir

    BalasHapus
  2. :P kok dilempar lagii tapi gitu doang ya flat ama bercabang ... google bohong dong kalo gitu :( apa gwnya aja yang katrok yaa :D

    BalasHapus
  3. ngomong opo tho iki pakde rak mudheng

    BalasHapus
  4. thanks yapz buat informasinya

    BalasHapus