April 20, 2008

Teknis / tips cara m3n9g4nt1 Domain Di BL0g5p0t

kemarin di postingan cara ganti domain di blogspot jadi dot com gw dah curhat curhat :D sekarang seperti yang gw janjiin bakalan ngebahas caranya sebenernya teknisnya mirip banget ama tulisan si yudhi tapi ya gw tulis ulang ya yud.

pertama tama tentu aja lo beli domain dulu atau lo bisa pake domain gratisan yang ngasih fasilitas DNS nah. setelah kita dapet kita mesti dapet dnsnya dulu biar fungsi forwardingnya jalan. nah ada tiga elemen yang nantinya bakalan berhubungan. kayaknya sih kalo di bikin bagan begini.

bagan dns

nah dari bagan itu dah lumayan jelas ya kalo kita mesti konfigurasi dulu di domain ama DNS Hostingnya. nah disini gw juga pake DNS park. daftar aja Free nya nanti lo bakal dapet fasilitas dns hosting untuk dua domain gratis. nah dari blogger cuma dikasih name servernya aja yaitu ghs. google.com . ketika dah daftar prosesnya lo login ke account lo bakal ketemu ama yang begini.

tutorial dns

nah lo tinggal add domain (masukin domain lo tanpa www) contoh http://www.pandinurdiansyah.com jadi cuma pandinurdiansyah.com nah setelah itu nama domain lo yang abis lo add bakakalan tampil di nomor tiga. lo klik deh tuh buat ngeset ghs.google.com itu, lo bakalan ketemu halaman kayak gini :

ganti cname di dnspark

nah ketika lo ketemu halaman kayak gini pasti ada peringatan kalo statuslo masih dormant :D dormant itu artinya lo belum verifikasi nama domain lo. nah set scrool bar window paling bawah ke cname terus alias lo masukin www atau blog atau sesuai selera dan yang terpenting destinationnya masukin ghs.google.com setelah itu lo save dan pilih dua dns yang disediain ama dns park gw pake ns1.dnspark.com sama ns2.dnspark.com setelah name server itu lo set di domain lo dalam waktu kurang dari 24 jam nama domain lo dah di terferivikasi dengan sendirinya sama dns park. karena nggak cuma satu blog doang yang ada di blogspot maka lo mesti ngeset nama domain lo di tab setting =)) advance setting =)) masukin domain baru lo (contoh; www.pandinurdiansyah.com) nah untuk sementara waktu domain lo nggak bakalan bisa diakses :D tapi setelah lo nyeting domain baru lo lo mesti posting satu content biar ketara and kedetect ama bloggernya. :D bloglo dengan alamat barulo siap disajikan.

4 komentar: