Februari 07, 2009

cara bikin fav icon di blogger

wikipedia faviconPANDI - Kalo ada yang belum tau namanya fav icon - tuh diatas yang disamping tulisan http nah itu namanya favicon. cara bikinnya tentu butuh skill design yang beda buat logo sekecil itu tapi harus menarik. tapi karena buat kebutuhan pribadi yo wes masalah design terserah. sekarang caranya aja.

lo butuh software kecil yang namanya imagicon info downloadnya ada di intips click nah setelah icon lo jadi lo mesti upload filenya ke hosting yang ngedukung format ico.. dulu si biasanya gw di googlepages tapi karena googlepages dah nggak bisa lagi ya gw saranin di hosting gratisan ini namanya 000webhost lumayanlah 1.5 giga. juga bisa buat belajar bikin web kalo emang lo mau, soalnya ada c-panelnya.

lanjut ke favicon tadi juga sempet nyari apa sih definisi favicon itu. haha jadi kayak acara di tivi tivi kalo usul nggak boleh asal... nah ini nih yang gw dapet dari wiki.

favicon adalah singkatan dari favorite icon, juga lebih sering disebut website icon, shortcut icon, url icon, atau juga bookmark icon yang gedenya 16x16 px dan berukuran segiempat biasanya diasosiasikan dengan web tertentu. seorang web designer dapat menginstalnya ke sebuah web dengan beberapa tujuan, dan kebanyakan web sekarang sudah menggunakannya. browser akan menampilkan favicon tepat di sebelah judul web.

nah kalo di wiki ukurannya 16x16px sekarang yang umum digunain itu dah 32x32px tapi kalo lo mau lo masih bisa kok gunain yang ukuran 16x16px.

setelah jadi and lo upload lo bakalan dapet link imagenya kan sekarang tinggal di instal di bloggernya langsung aja ke tata letak (layout) =>> edit html

and cari tag

<title><data:blog.pageTitle/></title>



nah kalo dah ketemu tinggal di paste aja nih kode ini di bawahnya

<link href='URL gambar ico lo' rel='shortcut icon' type='image/x-icon'/>



nah jangan lupa ya url gambar iconya diganti pake url gambar yang lo dapet setelah lo upload :D and save template.. jadi deh.. silahkan mencoba

5 komentar:

  1. ih pandi jago banget sih....
    makasih ya tips nya...

    lof u mai brader....

    BalasHapus
  2. @Serunya Scriptwriting Class

    kayaknya gw tau siapa tersangka utama komen ini nih.. sanyoooooo,,,

    BalasHapus
  3. Thanx Bro.. Lgsg ane coba..He.He.

    BalasHapus
  4. Info ini yang saya cari2. Makasih n lam kenal

    BalasHapus
  5. @ nanang

    sama sama om .. tetep semangat ngeblognya :D

    BalasHapus