Maret 06, 2009

3 prinsip kehidupan

PANDI @ Djarum Black Blog Competition - kemarin sore ketika asyik duduk berdua menghabiskan waktu dengan melihat gadis-gadis cantik lalu-lalang temanku tiba-tiba melontarkan sebuah kalimat 3 pakem kehidupan. Di postingan ini 3 pakem itu aku artikan sebagai prinsip. Ya, pada dasarnya memang ketiga pakem itu betul betul merupakan prinsip. Karena menarik, tentu saja harus diabadikan di dalam postingan agar saya dapat mengingat, atau mungkin anda dapat mengambil setitik manfaat dari cerita teman saya di sore itu.

Prinsip pertama, Penghargaan.

Sesulit apapun diri anda saat ini, sekeras apapun diri anda saat ini, hargailah diri anda, hargailah orang-orang disekitar anda. Dengan penghargaan ini, akan banyak nilai positif yang akan muncul. Entah, dari dalam diri anda sendiri ataupun dari orang lain yang anda hargai.

Prinsip Kedua, Totalitas

Apapun Pekerjaan anda totalitas adalah sebuah kunci untuk memberi harapan baru. Terlepas anda hidup dari pekerjaan anda atau tidak. akan tetapi, ketika anda sudah total terhadap sesuatu maka akan selalu ada jawaban pada setiap kesulitan. Totalitas akan memaksa diri kita untuk lebih kreatif dan memaksa kita menelusuri kedalaman palung pekerjaan kita. Hingga ketika kita mampu menyentuh dasarnya tak ada lagi jarak antara dasar palung dan permukaan pekerjaan. You will become Guru.

Prinsip ketiga adalah yang paling penting, yaitu ikhlas.

Mungkin akan terlihat sangat sepele pada prinsip ketiga ini. Tak ada hubungannya dengan kedisiplinan, tak ada hubungannya dengan kehidupan social, akan tetapi ia sangat berpengaruh pada kondisi spiritual seseorang. Ketika seseorang sudah ikhlas jejakan langkah kaki akan semakin pasti, dan tak ada satupun halangan dapat menghadang.
-------------------
Djarum Black Slimznation

2 komentar:

  1. Wah..apakah manusia harus memiliki ke3-3nya??

    BalasHapus
  2. @ Ki Blangsak Yoga Nawi

    waduh.. wanda saya.. but at least kita bisa ambil setitik pemahaman. dari cerita temen gw itu :D

    BalasHapus