Agustus 24, 2009

Merah Putih Masih Berkibar

PANDI - Sudah menjadi tradisi dalam keluarga saya dan mungkin juga bagi kebanyakan keluarga di Indonesia yang memeluk Islam untuk melakukan sahur bersama dan buka pertama puasa bersama keluarga. orang-orang sering menyebutnya dengan istilah munggah. memang tidak ada yang istimewa dalam hal menu makanan akan tetapi berkumpulnya keluarga dalam satu waktu adalah hal yang sangat jarang sekali terjadi.

menjelang sahur beratnya langkah kaki masih terasa untuk melangkah pulang. Berjalan ditemani angin malam dan sepinya alam. panggung penyerahan hadiah lomba di kampung daerah kost-kostan masih berdiri seakan melambaikan tangannya mengiringi langkah kaki yang kian menjauh dari kost dan mendekat ke rumah. senangnya anak kecil itu, namanya si Umar dan Udin, mereka masih kelas 3 SD dan tampil sebagai juara pada perlombaan joget balon yang kemarin diadakan pada perlombaan menyambut 17 Agustus. hari kemerdekaan kita. Indonesia. tidak ada yang istimewa hadiahnya namun Udin dan Umar tetap bergembira karena lomba 17 Agustus jarang terjadi di kampungnya.

dua kejadian yang berbeda namun serupa, setahun sekali dan selalu dinanti. akan tetapi, dunia Udin dan Umar berbeda dengan duniaku sewaktu aku seumuran mereka. apalagi ini jakarta. pembangunan seakan tak pernah kenal lelah, tak pernah kenal waktu. tanah lapang sudah jarang kebunpun telah disulap menjadi rumah kontrakan. pelarian mereka adalah dunia cyber, sebuah kawasan tak bertuan yang menyimpan beribu kesempatan dan beribu jebakan. satu-satunya cara untuk menghindar dari jebakan adalah membuat diri kita semakin pintar dari hari ke hari. untuk menjadi pintar kita harus membaca setiap hari, dan untuk membaca kita harus tahu caranya.

Cara?, banyak cara yang bisa dilakukan sebagaimana banyak jalan menuju Jakarta. tinggal bagaimana kita memanfaatkan semua kemungkinan yang ada. sebagai orang tua maupun sebagai anak. menyediakan bacaan yang baik dan mengajarkan kebudayaan bangsa kepada anak, yang nantinya akan memberikan ekses bangga terhadap kebudayaan bangsa dan tumbuhnya semangat nasionalisme yang kuat sebagai bangsa Indonesia. tentu saja itu hanya salah satu cara dari sekian banyak lainnya. yuk mari Kita mulai memBACA hari ini :D

Terimakasih Kepada layanan hosting Dijamin murah yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti lomba.. yang lain mau ikut? silahkan di klik bannernya :D sebelum tanggal 12 september




3 komentar: