April 24, 2010

Setiap Calon Pelanggan Punya Potensi yang Berbeda

PANDI - Saya membuat Blog Toko saya Pandi Online Store sejak tahun 2007. Namun sayangnya sampai saat ini saya tidak memiliki produk sendiri. Memang sempat terpikir untuk memiliki produk sendiri yang saya pahami bagaimana harganya, kualitasnya dan kegunaannya sehingga saya dapat memberi harga yang pantas untuk para pelanggan.
yup, karena ketiadaan produk akhirnya blog toko pandi kosong melompong sampai dengan beberapa bulan. sampai dengan saya melihat beberapa teman yang kesulitan dalam hal memarketkan barangnya. timbul inisiatif saya untuk membantu.tanpa ada maksud apapun. beberapa teman setuju dengan sedikit bingung..

"masa si lo nggak ada maksud" :D . bener kok nggak ada maksud cuma gue minta satu syarat; layani pelanggan dengan baik. karena blog toko ini pake nama gue. ngomong jujur gimana kondisi barang. dsb.. yang penting bisa ijab kabul dengan sama sama suka.

nah sudah berjalan 3 tahun ternyata blog toko pandi itu. Produk yang saya masukan pun rata rata adalah usaha teman. dari mulai Komputer Murah, Susu Murah, Sewa Tenda, CD, Tas Murah, Kaos, Jeep, Motor, Instalasi Tower, Buku, dll sudah pernah terpampang. tentu saja, namanya rejeki udah ada yang ngatur. dah ada jodohnya kalo ngkong Sabeni bilang :D.

Terakhir sudah 3 teman yang komplain perihal pelanggan yang mengganggu. mungkin itulah kehebatan toko online. toko yang ndak pernah tutup. ada yang complain soal calon pelanggan yang nelpon ndak tau waktu, ada yang complain soal calon pelanggan yang cuma tanya tanya aja. nda beli. :D

Yup karena memang toko online adalah terkait dengan loyalitas dan kepercayaan pelanggan. masalahnya pembayaran dilakukan dimuka jika tidak bertatap muka. full transfer and karena itulah ketika calon pelanggan menelpon sesungguhnya pelanggan sudah membuka kepercayaannya. terhadap jasa atau produk yang kita tawarkan. dari situlah awal perkenalan. Karena Setiap Pelanggan punya potensi yang berbeda, Setiap Pelanggan punya kebutuhan yang berbeda, Setiap Pelanggan punya budget yang berbeda. tentu saja, sebagai penjual yang ingin mengerti akan keadaan pelanggannya, sebaiknya kita menyediakan alternatif  dan jalan keluar terbaik. and untuk yang komplain masalah pelanggan yang ndak tau waktu sabar ya.. ^^ mungkin sebaiknya dilakukan update waktu terbaik untuk menelponnya.. tinggal send ke email saya aja.. nanti saya update.

3 komentar: