Oktober 21, 2007

10 tips dan cara mempercepat loading situs dan blog anda

pernah denger kalimat seperti ini, "usahakan situs anda dapat diloading dalam 8 detik, karena pengunjung situs lebih cepat jenuh dibandingkan dengan pembaca koran". atau baru kali ini. ada 10 tips dan cara mempercepat dan mengoptimalisasikan situs dan blog anda yang akan gw share disini. dan mudah mudahan cara tips dan cara ini bermanfaat.

gw bakal sharing beberapa cara yang gw kerjain buat bikin loading pages lebih cepet. masalah utama yang ada kalo loadingnya lola alias loading lama, pengunjung biasanya bakal lompat ke situs laen. bikin loading cepet situs atau blog kita juga lebih menghemat bandwith dan duit penguna internet dengan koneksi dial-up. dan nggak salah juga kalo ada pendapat waktu loading situs atau blog itu tergantung kecepatan koneksi pengunjung situs atau blog itu sendiri, tapi apa salahnya kita sebagai pemilik blog, lebih mengoptimalkan layout dan kode sumber untuk mempercepat loading situs atau blog kita.

Ada beberapa tool online untuk mengecek kecepatan loading situs atau blog anda. gw make situs checker ini buat ngetes 7 halaman blog gw, ente bisa masukin 10 alamat buat sekali ngecek, bakal keliatan size halaman lo, waktu loadingnya, dan rata rata per KB, ini yang gw dapet pas ngecek :

umumnya, yang terbaik itu ngejaga waktu loadingnya di bawah 2 detik, tapi selama itu tidak lebih dari 8 detik masih bagus lah. walaupun bagus di test ada beberapa hal yang menyebabkan situs atau blog kita jadi lelet, dan tentunya semua itu dibawah kontrol kita selaku pemilik blog.

nahh ini dia nih 10 tips dan cara untuk mengoptimalisasikan situs atau blog kita :

1. suara, video, dan widget
sangat menyenangkan bisa naro music, video, flash program, slide, widget, dan gadget di blog, tapi biar bagaimanapun, sama sama kita tau file ini makan waktu buat loading. tahap pertama yang mesti dilakukan adalah membuang file yang anda tidak butuhkan. singkatnya dari pada ngembed semua video di sidebar mending ngasih text link, dan buat yang tertarik ngeliat bisa ngeklik video yang lo upload ke youtube atau host laen. nah kalo lo ngembed music usahain dah di kecilin kayak midi atau wav.

2. gambar dan foto
kalo di blog lo banyak gambar, optimalin filenya dengan cara dikecilin. di IE atau firefox, lo bisa klik kanan buat ngeliat properties kalo filenya diatas 20 KB atau bahkan 10000 B wahh berarti mesti cepet cepet diubah. di sofwaret khusus gambar kemudian rezise kalau perlu di crop. kalo lo make software yang bisa milih kualitas gambar atau foto, simpan dengan mode medium atau low format daripada high quality.

dari beberapa situs yang gw liat, gambar berformat GIF lebih cepet loadingnya daripada JPG dan memiliki ukuran yang kecil. tapi sayangnya GIF nggak setajam Format laen, tapi lumayanlahh buat gambar standar dan buton, kalo buat foto tetep aja di JPEG karena lebih terang, coba aja mulai praktekin ubah gambarlo dari JPG ke GIF.

nah buat ngerjain itu lo butuh software photo yang ngebuka terus ngesave di format laen kalo lo pada make xp gunain aja “Windows Picture and Fax Viewer”. ada icon kayak floppy disk dibawah terus safe as type, lo bisa pilih beberapa format yang beda kayak GIF atau PNG yang otomatis ngubah gambar jadi format laen. nah sekarang lo punya dua gambar dengan format yang beda bandingin ukurannya. taro yang paling kecil di blog atau situs loo. nah sekarang harusnya bakal ngurangin waktu buat ngeload situs atau blog lo.

bersambung ..... sambungan 10 tips mempercepat loading situs

10 komentar:

  1. Mas Pandi, gw tunggu 8 tips lanjutannya.
    Salam

    BalasHapus
  2. hihi tunggu yaaa.... and makasih dah maenn.. tetep semangat ya gus ngurus blognya

    BalasHapus
  3. Hi..kok blog-nya tinggal satu skrg? dikemanain yg laen?

    BalasHapus
  4. heheeh pasti ngeliat di profile deh yang laen masih ada lagi tuh paling atas sebelah kiri my other blog maen maen juga ya kesono kalo sempet

    BalasHapus
  5. nice post.. sgt bermanfaat
    visit my blog ya..
    http://aku-debrian.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. @ NDeMO

    ora down to mas... wes ComMEnt Too on Your BLock :D

    BalasHapus
  7. info yang menarik mas thanks

    BalasHapus
  8. sama sama mas... maaf baru di link.. ke sambungannya tapi semua yang bersambung biasanya langsung gw posting ke esokan harinya. :D

    BalasHapus