November 07, 2007

Sejarah Network Komputer dimana Internet berawal dari jaman Flinstone?

Flinstone adalah keluarga kartun, yang menurut film kartun tersebut hidup di jaman prehistorik. karena kita akan mendiskusikan pemikiran di balik proses standard network. Flinstone adalah contoh yang tepat untuk dijadikan permisalan. Fred adalah presiden dari Fred Company, dimana istrinya Wilma, dan seluruh keluarganya bekerja. mereka semua memiliki telephone dan komputer, akan tetapi mereka tidak mempunyai sistem jaringan karena belum pernah ada ide untuk membuat sistem jaringan tersebut. Fred melihat para pekerja berlarian bertukaran disk yang berisi file diantara mereka, dan terlihat sangat tidak efisien. jadi, fred membayangkan jika di dunia orang bisa menghubungkan komputer mereka dan bertukaran file, tanpa harus meninggalkan meja mereka. imajinasi tentang network pertama segera akan terlahir. anak perempuan Fred, Pebbles. baru saja lulus dari Universitas rockvile dan ingin bergabung dalam usaha keluarga. Fred memberikan dia pekerjaan. yang pertama kali ada - Network Engineer. Fred berkata pada Pebbles, “Pebbles, saya mau tiap orang bisa bertukaran file tanpa harus meninggalkan meja mereka. saya mau mereka dengan mudah menulis nama file dan nama orang, dan tadaaaaa, file ada di komputer orang yang dituju. dan karena orang orang di sini sering kali pindah pindah departemen, saya mau pekerja bisa membawa komputer mereka dengan hanya menghubungkan komputer dengan lubang di dinding sehingga mereka bisa mengirim dan menerima file dari kantor mereka yang baru. saya mau network ini bekerja seperti listrik yang ditemukan pacamu, bam bam, tahun lalu. Pebbles memutuskan untuk melakukan penelitian dan pengembangan, jika dia bisa menghubungkan dua komputer di lab tentu dia bisa menghubungkan semua komputer untuk mentransfer file. dia menuliskan sebuah program yang dinamakan Program transfer fred (Fred Transfer Program), atau FTP untuk menghormati ayahnya.

program ini menggunakan kartu network yang dibuat oleh Pebbles di laboratorium. kartu network ini menggunakan kabel dengan dua kawat, satu untuk mengirim bit (satuan data) dan satu lagi untuk menerima. Pebbles menaruh satu kartu di tiap komputer dan menghubungkannya dengan kabel yang memiliki dua kawat. program FTP pada tiap komputer mengirimkan data yang terdiri dari bit melalui kartu network. jika Pebbles menulis sebuah perintah seperti FTP nama file kirim, program itu akan mentransfer nama file yang disebut ke komputer yang ada di ujung kabel.



karena tiap komputer menggunakan kawat 1 untuk mengirim dan kawat 2 untuk menerima, karena Pebbles menghubungkan kawat nomor 1 di pc 1 ke kawat nomor 2 di pc 2 dan sebaliknya sehingga kedua kartu bisa menggunakan kawat 1 untuk mengirim data. Bam bam gembira mendengar penemuan ini dan siap memberikan beberapa pertolongan setelah mendengar tes yang menakjubkan ini. lalu Bam bam bertanya apa yang harus dilakukan jika kita ingin menghubungkan tiga komputer?.

bersambung.....

2 komentar:

  1. oh, jadi internet tuh berawal atau terinspirasi oleh flintstone? hoho

    BalasHapus
  2. hehehe nggak juga sihh... tapi kenapa gw tulis ulang artikel ini karena ide transfernya kreatif ;))

    BalasHapus