Juli 03, 2008

Konsep Peer to Peer dan konspirasinya

Jika kita melihat postingan saya tentang komponen yang ada dalam internet mungkin P2P (Peer to Peer) yang file type-nya dot torrent tidak ada di dalamnya teknologi ini terhitung baru. Pirate Bay sendiri sebagai server torrent terbesar dimulai pada tahun 2003. Akan tetapi dari sumber lain seperti wiki Peer to Peer dimulai pada tahun 2001. Peer to Peer dapat digambarkan sebagai sebuah bangunan yang dengan banyak ceker sehingga bandwith dan koneksi tidak hanya ditanggung oleh server akan tetapi juga ditanggung oleh user.

Server dan User seperti tanpa batas. berbeda sekali dengan FTP (File Transfer Protocol) dimana Server dan User jelas berbeda. Ide awal dari Peer to Peer berangkat dari penggunaan Usenet dimana pesan berantai disampaikan. Jelas sekali keuntungan peer to peer cukup banyak, diantaranya tidak membutuhkan bandwidth yang besar, space yang besar dan spesifikasi komputer yang wah.

seperti terlihat dalam gambar di atas sebelah kiri adalah system network yang benar benar bergantung pada server sedangkan sebelah kanan adalah system peer to peer dimana server seperti sudah menyatu dengan user. Peer to peer dapat digolongkan tergantung penggunaannya, File sharing, telephony, media streaming dan forum diskusi. dalam hal security peer to peer termasuk ke dalam data enkripsi yang memungkinkan mengaburkan identitas pengguna dan juga file yang sedang diambilnya. Sementara akan dikembangan sistem lain dari peer to peer yang disebut Anomos. sistemnya terbagi tiga dan akan tampak seperti gambar di bawah ini

untuk membaca postingan selengkapnya klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar