Agustus 10, 2008

the last stand of Archimedes

PANDI - Pertama sekedar mengingatkan kalo Archimedes (atau lebih dikenal dengan sebutan Archimedes dari Syracuse) itu adalah seorang tokoh philosof Yunani kuno, seorang pakar matematika yang terkenal dengan teori levernya (ind: papan jungkit). Archimedes (287-212 SM) dia terbunuh oleh seorang prajurit Romawi walaupun sebelumnya sudah ada himbauan bahwa Archimedes tidak boleh dibunuh.

Gw paling suka ama kata saktinya Archimedes "Give me a place to stand on, and I will move the Earth" Berikan saya satu tempat untuk berpijak dan saya akan pindahkan dunia. ini nih, ketika gw nonton film take down Kevin Mitnick juga pake kata kata itu sebelum dia ketangkep.

mungkin postingan kali ini bahas prinsip levernya aja dulu ya, lever atau papan jungkit



Papan jungkit dasar ini digunakan untuk meringankan beban, syarat utamanya titik jungkit harus dan tekanan yang diinginkan harus duakali panjangnya.. misalnya jarak tekanan ke titik jungkit 1 meter maka titik paksaan ke jungkit harus dua kali panjang dari titik tekanan. seperti gambar diatas. ini prinsip jungkit paling basic. contoh paling real dimana jungkit basic ini diterapin adalah kakak tua pada palu.

Jungkit tingkat dua ilustrasinya kayak gini :



nah Junkit yang ini tekanannya ada ditengah, titik jungkitnya ada di paling ujung sedangkan pakasaannya ada di ujung lain. contoh realnya adalah pembuka botol.

untuk jungkit yang ketika ilustrasinya kayak gini :



buat jungkit yang ketiga ini beda banget ama jungkit basic dan jungkit tingkat dua karena tenaga yang dikeluarkan lebih besar dan untuk membaca gambarnya dengan benar lo mesti ngebayangin kalo jungkitnya itu ada. contoh yang masih sering make prinsip jungkit ini adalah sekop pasir.

so itu dulu ya dari Archimedes see ya on the next post :D

4 komentar:

  1. Dear pandi, tenkgyu dah mampir ke blogger. Bloggermu kayak web beneran ya.. cool. Minta tulung dunk, kata bu melok dirimu bisa bantu aku bikin shoutbox di blogger... Would you mind???

    BalasHapus
  2. pandiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii..
    oh.. jadi ini ya, arti status lo selama ini.. sip..sip.. mengerti saya sekarang..

    makasih ya, sudah mampir ke blog gue dan tumben banget lo ninggalin jejak.. :p

    Kangen pandiiiiiiiiiiiiii...

    BalasHapus
  3. pan.. ada award buat elo di blog gue.. terima, ya... muah..muah...

    have a great day.. :D

    BalasHapus