Oktober 08, 2008

Transpersonal Relationship di pasar tradisional

PANDI - Lebaran baru aja selesai tentu aja banyak cerita yang dibawa sama temen-temen dari kampung. Tapi, kebanyakan cerita yang paling gw nikmati adalah cerita sebelum lebaran dari teman-teman pedagang.

Kebanyakan pedagang tidak memproduksi bahan dasar mereka sendiri dan hanya menjual hasil olahan. Seperti halnya Warteg (warung tegal) yang membeli segala sayur mayur dan bumbu di pasar dan Warkop (warung kopi) yang menyuplai kopi dan mie dari pasar.

pada akhirnya Pasar lah yang merupakan titik pertemuan seluruh barang dari produsen. akan tetapi, ada hal menarik yang cukup unik ditelusuri. Bermula ketika warung Burjo yang gw tongkrongin pas lagi deket-deket lebaran ngomongin THR yang dia dapet dari pedagang di pasar yang biasa dia sering beli buat warung Burjonya kayak tukang sembako, tukang es, tukang sayur, tukang ayam, dll. dari setiap tukang yang dia langganani masing masing memberikan souvenir hari raya yang disebut THR seperti baju, kue, gelas, piring. ketika saya tanyakan ternyata memang sudah seperti itu tradisi di pasar.

tentu saya merasa ada sesuatu yang berbeda dan bukan bersifat promosi tentu saja.. akan tetapi lebih ke arah menjaga hubungan antara produsen dan konsumen. berbeda ketika saya memasuki beberapa toko waralaba, yang notabene hadiahnya bersifat promotif dan merupakan strategi untuk mengikat pelanggan. kembali saya berfikir pasar tradisional yang becek tidak teratur dan penuh sesak ternyata menyimpan banyak kehangatan dan persahabatan.

3 komentar:

  1. kalo saya, masalahnya, ga bisa nawar2 ni kalo di pasar tradisional.....

    BalasHapus
  2. mm tadi saya dah comment, lom muncul yaaah?

    BalasHapus
  3. hihihi commentnya moderated... tapi nggak bakalan gw edit kok ... biar bisa nyiapin jawaban yang pas aja ... eh minal aidin a dy, pulang kampung nggak nih lebaran? sorry baru bisa login :D

    BalasHapus