Maret 16, 2009

Ikhlas adalah awal dari harapan baru

PANDI @ DJarum Black blog competition - masih ingat dengan postingan saya tentang 3 prinsip kehidupan? prinsip ketiga adalah ikhlas ketika teman saya menjelaskan tentang ikhlas itu.. dia sepertinya tertegun memandangi masa lalu sambil menatap birunya langit di angkasa. ada sesuatu yang belum dia ikhlaskan.. gw juga nggak tau apa itu. he don't want to tell it. but, ada beberapa hal dalam titik tekan itu.. bahwa Ikhlas adalah awal dari sebuah harapan baru. ketika Ikhlas merasuk semua beban masa lalu akan seperti hilang dari pundak walau masih tersisa di dalam memori. langkah akan terasa lebih ringan, siap menyongsong masa depan. apapun kondisi kita saat ini.

Ikhlas juga berarti menerima, terbesit dalam pikiran apakah sama ikhlas dengan rela? dalam beberapa konteks mungkin sama akan tetapi beberapa konteks lainnya mungkin berbeda. lalu... saya lebih suka memakai kata ikhlas dalam konteks ini. saya bukanlah seseorang yang pandai dalam hal linguistik, akan tetapi gw lebih suka dengan kata ikhlas karena seperti terdapat sebuah kepasrahan yang menyeluruh tanpa tedeng aling-aling.

apakah dengan ikhlas kita berarti putus asa? kalo liat pertanyaan ini tentu dalam hati anda sudah memiliki jawabannya masing masing. yang terpenting adalah harapan.. dalam kondisi apapun harapan akan selalu ada. namun, ketika harapan kita tidak terpenuhi cobalah untuk ikhlas dan gapai harapan baru. mengutip sebuah kalimat, "hidup hanyalah sejarah yang terulang" maka tidak ada hal lain yang harus dilakukan selain berbuat dan berharap.
_________________________
pandi for Djarum Black Slimznation

3 komentar:

  1. Baru tau gw templatenya bau eh baru hehehe...

    BalasHapus
  2. wedeh baru bau juga eh baru tau yaaa :P

    BalasHapus
  3. ikhlas tuh berjuang untuk mendapatkan tapi menerima hasilnya dengan legawa

    heheheh

    BalasHapus