April 13, 2009

hal-hal yang bisa bikin pc anda crash

PANDI - sebenarnya judulnya pengen 10 hal yang bisa bikin komputer anda crash tapi kalo disingkat kayaknya kurang afdol, so lebih baik di spesifikin aja ya jadi satu satu ^_^

Pernah liat tulisan ini ?

Fatal error: the system has become unstable or is busy, Enter to return to Windows or press Control-Alt-Delete to restart your computer. If you do this you will lose any unsaved information in all open applications."

tulisan itu biasanya tampil berlatarkan warna biru kematian.. (hahaha lebay banget nggak sih). tapi pastinya, kalo lo pake windows pernah ngalamin atau bahkan sering ngalamin yang kayak gini kan .. apa yang bisa lo perbuat? atau yang lebih penting lagi gimana cara menghindarinya?

konflik hardware mungkin bisa jadi penyebabnya.

Alasan utama kenapa windows crash adalah konflik hardware. tiap hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melalui IRQ (Interrupt Request Channel). seharusnya IRQ ini unik untuk tiap perangkatnya.

Sebagai contoh, sebuah printer biasanya terhubung secara internal melalui IRQ 7. Keyboard dengan IRQ 1 dan Floppy Drive dengan IRQ 6. tiap perangkat terpaut ke sebuah IRQ dengan sendirinya.

Jika terdapat banyak perangkat, atau jika tidak diinstal dengan baik, maka mungkin saja terjadi penggunaan IRQ yang sama. dan ketika user menggunakan kedua perangkat di waktu yang bersamaan, maka terjadilah crash. Cara untuk mengecek apakah komputer anda terdapat konflik hardware dengan melihat alur ini :.

* Start-> Settings-> Control Panel-> System-> Device Manager.

seringkali sebuah perangkat dengan masalah, memiliki tanda seru dengan warna kuning disebelah deskripsinya. klik computer (dalam device manager window) dan lihat propertiesnya untuk melihat nomor IRQ yang digunakan oleh komputer anda. jika nomor IRQ muncul dua kali, dua perangkat telah menggunakan IRQ yang sama. yang bisa anda lakukan jika ini terjadi adalah menginstal ulang perangkatnya. jika hal ini terjadi di perangkat modem atau soundcard anda cobalah untuk memindahkan slotnya terlebih dahulu. (hati hati ketika membuka komputer anda, agar garansi komputer tetap berlaku ^_^ )

Memang kadangkala kita harus menemukan driver terbaru di internet untuk membuat perangkat kita berfungsi dengan baik. perhatikan baik baik perangkat anda.. jika memang sudah tidak menemukannya di situs resmi.. saya akan menyarankan anda mencari drivernya di driver guide.com, selain lebih mudah, driverguide mempunyai database yang besar.

ketika sudah bekerja dengan sisi dalam dari cpu, untuk keamanan cobalah matikan semua power dan hindari menyentuh bagian yang terbuat dari metal. biasanya masih ada sisa-sisa listrik statis soalnya.. (lumayan kalo kesetrum, walaupun ndak bikin rambut brekele)

Merunut ke Desain PC pertama kali yaitu IBM chip 8086. biasanya dalam satu pc itu ada 8 IRQ tapi sekarang rata-rata PC punya 16 IRQ dan mungkin bakalan makin banyak lagi di desain PC masa depan.

to be continued ... hahahaha

2 komentar:

  1. haha..aku juga suka kesetrum kalo nyentuh tombol powernya.
    tapi kok "to be continued" ?
    ditunggu lanjutannya.

    salam kenal :)

    BalasHapus
  2. @ Henny Y Caprestya

    iya buat hardware crash dari IRQ dah abis lanjutannya beda lagi.. salam kenal juga mbak ^_^

    BalasHapus