April 14, 2009

hal-hal yang bisa bikin pc anda crash 2/10

gambar RAM aka Random Access MemoryPANDI - Kalo kemarin hal yang bisa bikin pc anda crash adalah Konflik Hardware sekarang beda lagi nih.. and tetep konsis seperti kemarin ngebahasnya satu satu biar dalem .. cuma maaf kalo postingan yang ini rada error. ^_^

crash pada pc bisa juga dari Ram-nya

Masalah Ram (random-access memory) bisa juga jadi penyebab hadirnya layar kematian berwarna biru ituh.. (sorry tik minjem ituhnya ^_^ ) blurp ... and tertulis Fatal exception Error. nah tulisan itu biasanya muncul kalo ada masalah hardware yang bener bener serius. dalam artian butuh sentuhan kayak cabut colok atau ganti baru .. haha.

Nah.... tapi kalo Fatal error yang menyebabkan Ram menjadi tersangka utama adalah chipnya yang ndak cocok. misalnya, Ram 70 nanosecond (70ns) di campur sama ram 60ns.. nah kalo kombinasi yang dibikin kayak gini.. biasanya insting dasar pc akan membuatnya mengerahkan birahi ke ram yang memiliki kecepatan paling lambat. nah hal inilah yang membuat pc mengalami ejakulasi dini (baca:crash) pada mesin karena terlalu memaksakan diri pada Ram.

Ada beberapa solusi ketika bertemu dengan permasalah ejakulasi dini seperti ini. pertama adalah melakukan terapi BIOS (Basic Input Output System) dan menaikan dosis status menunggu (wait state aka Jamu Kuat) Ram. hal ini dapat membuat Ram lebih tahan dan Stabil. Jalan lain untuk permasalah ini adalah dengan memijat (baca:mengatur ulang) Ram di Mother Board, coba beberapa kombinasi pijatan. seperti; mencopot salah satu secara bergantian hingga menemukan sumber masalah dan dapat berteriak EUREKA. ketika berhubungan dengan Ram Cobalah sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan lapisan berwarna emas yang terdapat pada Ram, karena lapisan Emas ini agak sensitif. Menggunakan Penghapus karet juga bisa dilakukan untuk membersihkan lapisan emas pada Ram, akan tetapi hal ini tidak disarankan.

Pesan Parity error biasanya juga disebabkan oleh Ram. Ram terkini biasanya parity (Error Correction Codes aka ECC) atau non parity (non-Error Correction Codes aka non-ECC) kalo dah ada pesen kayak gini cobalah untuk tidak menjodohkan Ram dengan Ram yang tidak setipe, agar Ram dapat hidup bahagia dan harmonis di MotherBoard.

pesan error EMM386 lagi lagi mengkambing hitamkan Ram sebagai tersangka utama, hal ini biasanya terkait dengan masalah Memory dan Program yang menggunakan program Dos aka Disk Operating System versi lawas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar