September 03, 2010

Apakah Hacker bukan Cracker ?

PANDI - Judul postingan di atas, mungkin kembali mempertanyakan apakah Hacker bukan Cracker. Sebelumnya saya juga pernah membuat postingan tentang cracker, dengan judul cyber criminal hackers is cracker yang berisi pemberitaan kompas tentang black hawk safety net dengan headline China grebek tempat pelatihan hacker dan menyebut hacker secara umum. Pergeseran makna ini tentu membuat kata "hacker" berkonotasi negatif. Yup, dari dulu orang mengenal pembobol credit card, aksi social engineering, dan banyak lagi lainnya dengan sebutan hacker.

Nah mari kita luruskan masalahnya, hacker dalam artian peretas adalah individu (biasanya bekerja secara kelompok) yang memiliki aktifitas mencoba (testing), menguji (examing) dan mencari (searching) kelemahan  atau bug pada suatu sistem untuk memperbaikinya agar memiliki performa yang lebih baik serta berevolusi.

Untuk melakukan semua itu tentu harus ada yang mengambil peranan, dan oleh sebab itu hacker bukanlah cracker tapi cracker tetap seorang hacker hanya saja dia berbuat sesuatu yang melewati koridor hukum baik disengaja maupun tidak.

Oleh karena itu mesti hati-hati, pantau perkembangan dan sering-sering sharing. Teman-teman bisa gabung di muslim hackers. salah satu visi dari muslim hacker adalah menjaga (mengingatkan) anggotanya untuk tidak melakukan tindakan yang melewati koridor hukum dan cenderung merusak. tertarik ? gabung aja and sampai tanggal 5 september nanti ada lomba posting forum dan blog. hadiahnya menarik jadi jangan sampai ketinggalan ;)

2 komentar: