Februari 11, 2010

cyber-criminal hackers is cracker

dulu kalo nggak salah sempet posting masalah ninja and nyantumin kata kata hacker didalamnya.. biar lebih mudah ane kutip yaa...

"ternyata ada hitam dan putih juga di ninja, nggak cuma hacker and cracker doang ya ;)) nah kesimpulannya ninja itu baik atau jahat kembali kepada anda tapi kalo anda pengemar berat manga Naruto kayaknya dah ketauan jawabannya apa."

senin kemarin ada berita di kompas mengenai black hawk safety net yang menyebut kata hacker secara umum .. and setelah googling ternyata ... hacker secara artiannya masih luas bangett.... :D tapi karena berita diatas berhubungannya sama komputer.. memang pada dasarnya penggunaan kata hacker lebih kepada konotasi negatif.. akan tetapi sebenarnya mereka (hacker) juga memiliki prilaku yang terkelompok secara otomatis..

di dalam artikel wiki sebenarnya ada lima macam prilaku tapi ndak tau bisa selesai di postingan ini apa ndak..soalnya nie di warnet :D

tipe prilaku pertama tuh black hat hacker yang selanjutnya disebut cracker, memiliki spesialisasi dalam penetrasi ilegal. menggunakan komputer untuk menyerang sistem demi profit, atau kesenangan, atau bahkan motivasi politik akibat dampak sosial. beberapa penetrasi seringkali merubah atau bahkan menghapus data, semuanya dilakukan tanpa izin. walaupun begitu mereka tidak begitu memusingkan apa yang dilakukan white hat hacker.

cracker biasanya juga mendistribusikan virus komputer, worm internet, dan mengirimkan spam menggunakan botnets. terma ini juga seringkali dikaitkan dengan hacker yang menjebol copyright software, serial number, dll.

yang kedua tipenya adalah greyhat atau abu abu yang ditempelkan dengan prilaku hacker yang memiliki skill cracking dan kadang bertindak ilegal juga untuk tujuan baik dan kadang juga untuk tidak baik. mereka ditengah-tengah antara hitam dan putih. mereka tidak menggunakan skillnya untuk keuntungan pribadi akan tetapi seringkali dituduh melanggar hukum karena percobaan percobaannya.

yang ketiga adalah tipe white hat yang kadang juga disebut hacker etis. adalah ahli komputer yang memiliki spesialisasi dalam test penetrasi dan metodologi testing lainnya untuk memastikan sistem informasi perusahaan atau institutsi telah aman.  orang orang ini dipekerjakan oleh perusahaan dan memiliki panggilan team macan atau team merah. mereka dapat menggunakan segala macam test, termasuk social engineering, software hacking untuk melewati keamanan dan mendapatkan akses ke dalam sistem.

biasanya team IT perusahan bertindak selaku pembela diberi gelar team biru dan team hacker etis selaku penyerang mendapatkan gelar team merah.

pic source : http://www.zazzle.co.uk/cracker_tshirt-235265855090953978

Tidak ada komentar:

Posting Komentar