April 15, 2009

hal-hal yang bisa bikin pc anda crash 3/10

PANDI - Kemarin ngomongin RAM yang bisa bikin crash pc sekarang beda lagi dong.. nggak ram atau hardware konflik lagi.. nah crash itu ...

bisa juga dari setingan BIOS

Setiap Motherboard (MB) memiliki jangkauan seting yang sudah ditentukan oleh pabrik yang bikin. Umumnya untuk mengakses halaman ini kalo nggak mencet tombol del alias delete ya mencet tombol f2 ketika pertama kali pc di boot.

nah kalo udah masuk BIOS (Basic Input Output Sytem), cara terbaik yang harus dikerjakan adalah mencatat setingan pabriknya. biasanya yang suka maen game gila-gilaan selalu mainin and ngusahain pcnya tampil maksimum - diluar setingan pabrik - nah mereka itu biasa over cloak pcnya and sebagian di otak atik di dalem BIOS ini..yang penting catet dulu aja setingan pabriknya, biar gampang kalo nanti cpu nya ndak stabil abis di otak-atik. setelah itu kalo mau di over cloak coba aja..tapi jangan lupa banyakin kipas ^_^ sedikit tips ada video di vlog pandi tentang overcloacking.

biasanya setingan bios ini error karena CAS latency uhmm... kalo di Indonesia-in apa ya ... tapi yang pasti CAS itu singkatan dari Column Access Strobe "turunan" dari RAS (Row Access Strobe) nah CAS itu adalah waktu delay antara sinyal CAS dan data yang dikirim ke pin di RAM (Random Access Memory). versi ram EDO (Extended Data Output) memiliki 3 CAS Latency. sedangkan RAM teranyar biasanya memiliki 2 CAS Latency. nahh.. kalo sampe salah nyeting bakalan bikin RAM ke konci and bikin Layar Monitor jadi beku. (pasti pernah ngerasain kan komputer kok tiba-tiba ngehang)

Kayaknya OS (Operating System; linux, windows, etc) lebih keren kalo masalah alokasi IRQ daripada BIOS, so mending IRQ number di BIOS dibikin Auto aja. hal ini akan memperbolehkan OS untuk mengalokasikan Nomor IRQ (pastikan juga setingan BIOS pada plug and play OS di seting yes). so segitu dulu ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar